kesimpulan

Gumuk Pasir yang terletak di Pesisir Pantai Parangtritis merupakan fenomena alam yang menarik, di Yogyakarta. Kondisi alam ini biasanya sering dijumpai di daerah gurun, tapi gumuk pasir Yogyakarta ini memiliki keunikan tersendiri, karena hanya satu-satunya di Asia Tenggara.

Kawasan ekosistem gumuk pasir ini terletak di Desa Parangtritis, sekitar 28 kilometer dari kraton Yogyakarta ke arah selatan. Secara admistratif masuk wilayah Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia, sebelah barat berbatasan dengan Kali Opak. Sebelah utara berbatasan dengan Desa Donotirto Kecamatan Pundong, sedang sebelah timur Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Gumuk pasir merupakan akumulasi pasir lepas berupa gundukan teratur hasil kerja dan pengaruh komponen-komponen : jumlah pasir yang diendapkan teratur ke laut, ombak yang memindahkan pasir dari laut ke darat, intensitas sinar matahari yang mengeringkan pasir di pantai, intensitas dan kemenerusan angin yang memindahkan pasir, tebing penghambat gerak angin dan sebaran pasir, vegetasi, dan dinamika budaya masyarakat.

Gumuk Pasir atau Sand Dune merupakan sebuah bentukan alam karena proses angin disebut sebagai bentang alam eolean (eolean morphology). Angin yang membawa pasir akan membentuk bermacam-macam bentuk dan tipe gumuk pasir. Keanekaragaman flora yang banyak terdapat di gumuk pasir menurut IVI (important value index) adalah: Rumput lari, pangut, rumput teki, tengkinong, dan widuri.

Di Gumuk Pasir juga terdapat museum ekologi Harapanya kedepan semua aktivitas dari kemahasiswaan khususnya  dari Fakultas Geografi dan ilmu kebumian Geodesi dan Geologi dapat di pusatkan di sini.

Lokasi gumuk pasir sangat berdekatan dengan Pantai depok dimana Pantai Depok Menyajikan Hidangan Ikan Laut Segar dan sejumlah hasil tangkapan laut lainnya dalam nuansa khas restaurant pesisir serta pemandangan yang menakjubkan. Untuk menikmati hidangan laut sekaligus pemandangan gumuk pasir ini, anda bisa melalui rute yang sama dengan Parangtritis dari Yogyakarta. Setelah sampai di dekat pos retribusi Parangtritis, anda bisa berbelok ke kanan menuju Pantai Depok. Para nelayan itu membawa hasil tangkapan yang cukup banyak sehingga menggugah warga Pantai Depok yang umumnya berprofesi sebagai petani lahan pasir untuk ikut menangkap ikan.

Daerah Gumuk Pasir dan Pantai Depok dapat dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata yang lebih berkembang dari waktu ke waktu, panorama alam yang indah tentunya sangat menarik minat para wisatawan berkunjung ke gumuk pasir dan pantai depok, sehingga jumlah wisatawan meningkat dari waktu ke waktu. Hal itu berpotensi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat disekitar pantai depok, perkembangan yang terjadi di pantai depok dapat disejajarkan dengan pantai-pantai yang terdapat di wilayah jogjakarta dan tidak menutup kemungkinkan pantai pantai depok mejadi wisata pantai unggulan di jogja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: